Monday, 15 August 2016

Bagaimana Mencegah Kegagalan Instalasi Pengolahan Limbah Anda ?



Ada proyek gagal, ada proyek yang berhasil, foto ini contoh yang gagal...nich Biotirta Kencana diminta
untuk membetulkan, ini proyek apartemen,, tentunya berkapasitas besar, baru 1 thn, tangki sudah retak retak ??
Bagaimana sih supaya ipal nya nggak gagal...rugi dongk kedua belah pihak

Bagaimana mencegah kegagalan Ipal anda ?, ini trik yg simpel dan wajar.

1. Pengalaman..Pilih konsultan IPAL yang berpengalaman,dan terpercaya,lihat track recordnya,     kalau bisa ada tim yang ngerti dikit dikit tentang pengolahan limbah atau percayakan pd Konsultan IPAL yang  anda percayai.Ceritakan apa  permasalahan limbah anda , ikutin petunjuknya.
2. Fair : Bisnis yang fair, pakailah harga yang wajar,, jangan ditawar diluar harga standart yang jauh dibawah pasaran, atau anda mendapat harga yg murah sekali, ini patut di curigai.. ingat:                   harga nggak pernah bohong.Jangan sampai mendapatkan harga murah tapi spt ini :
a.Anda di kurangi mutu atau kwalitasnya, mungkin anda nggak sadar,..tebal nya tangki tipis akibatnya mudah retak retak, padahal garansi tangki sebetulnya bisa tahunan loh.
b.Ukuran  tangki lebih kecil ? dari desain yang seharusnya...( banyak kasusnya )
c.Belum lagi kl dicurangi  bagian dalamnya,,wahh,...
sudah pasti sistem IPAL spt ini akan gagal.
Jadi tawarlah harga dengan pantas,ada garansi dan retensi.Jadi aman
3. Bayar sesuai kontrak yang disepakati...banyak nih kita tanganin bbrp proyek gagal, selalu kita tanya; bayarnya beres nggak ? jadi yang 5% , atau retensi ini suka di tunda oleh pihak owner dgn berbagai alasan,belum bisa running lah ,krn belum siap.. bahkan tidak dibayar jadi kontraktor IPAL menunggu masa retensi melewati batas waktu kesepakatan  yang lama.tentunya akan keberatan.Padahal ini maha penting,,kalau ipal anda ada masalah,, kontraktor pasti akan bertanggung jawab, adalah ide buruk jika anda berganti kontraktor di tahap ini krn masing masing kontraktor/konsultan punya design sendiri, untuk menjalankan sistemnya. Jadi lalui testing dan komisioning dgn baik,dan minta buku panduan juga, semua itu akan diberikan jika pembayaran lancar..dan kontraktor akan bertanggung jawab jika ada masalah.


No comments:

Post a comment