Monday, 10 October 2016


Mengapa Pengolahan Air Limbah diperlukan ?

Kebutuhan akan air cenderung semakin meningkat dari waktu ke waktu, baik untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia seperti untuk air minum, air bersih dan sanitasi maupun sebagai sumber daya yang diperlukan bagi pembangunan ekonomi seperti untuk pertanian, industri, pembangkit tenaga listrik dan pariwisata.
Kebuituhan air , sudah semakin sulit dipenuhi dari sumber air permukaan, karena  sumber air permukaan seperti sungai sudah banyak  tercemar, apa lagi dikota kota besar di indonesia.Pencemaran ini akibat limbah yang dihasilkan dari kegiatan manusia, kegiatan industri maupun rumah tangga.
Pertumbuhan industri dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan. Tidak dapat dihindari, dampak ikutan dari industrialisasi ini adalah juga terjadinya peningkatan pencemaran .Pencemaran ini terjadi karena hasil sisa /sampah industri maupun rumah tsb,mengandung bahan bahan yang berbahaya bagi kelangsungan mahluk hidup, langsung di buang ke tanah atau saluran dan  tidak diolah dahulu.
Untuk mencegah pencemaran air tanah, pemerintah mulai serius mencanangkan program untuk mengelola air limbah, yakni dengan membentuk unit pengelola air limbah atau yang disebut Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), pada setiap unit kegiatan manusia.

Oleh sebab itu salah satu persyaratan dalam setiap Ijin mendirikan bangunan adalah adanya sistem IPAL yang mendukung dalam perencanaannya. 

Sistem Ipal sekarang lebih praktis dengan tangki tangki fiber, kelebihan sistem bioreaktor dengan tangki Fiber :
1. Cepat pembuatan 
2. Ada garansi, sistem dan garansi Tangki
3.Lahan yang diperlukan sangan kecil dipandingkan dengan sitem konventioanl, 
4.Bak bak beton yang rawan kebocoran.lain hal nya dengan tangki fiber 
5.Mudah dalam maintenance.

 sistem Ipal Bioreaktor dengan tangki Fiber dan perlengkapannya

No comments:

Post a comment